Selasa, 15 November 2011

Bangganya Punya Anak Semangat Belajar

Ini tentang anak-anak di sekolah yang saya tempati. Waktu itu pelajaran TIK sudah selesai, saat anak-anak berhamburan keluar dari laboratorium komputer, dua anak datang menghadap saya dan bertanya,

"Pak, kalau saya belajar ditempat pak Shofa gimana pak?".
Langsung saja saya enteng jawabnya, "Ya ga papa, silahkan ke rumah pak Shofa"
"Mulai kapan, Pak?" lanjutnya
"Lha maunya kapan? Pak Shofa manut wis.." jawabku
"Setiap hari aja pak ya..."
Hahh?? Setiap hari?? bisa gak ya?? Belum sempat saya jawab, mereka merengek lagi..
"ya pak yaa.. soalnya PR nya banyak lho pak.."
"Ya sudah deh, jam berapa? habis magrib saja ya??" akhirnya ga tega juga mendengar keluhan mereka.
"ya pak, ga papa" dan dua bocah itu pun meninggalkan laboratorium.


Berdasar pengalaman yang sudah sudah, biasanya anak sekolah kalau minta kursus atau belajar, hanya sekedar keinginan sesaat waktu di lingkungan sekolah karena masih dalam area belajar wajar saja kalau semangat belajarnya tumbuh. Hal ini lah yang akan saya buktikan, benar mereka datang ke rumah apa memilih bermain dengan teman-teman sebayanya.

Hari itu tanggal 31 Oktober 2011, jam 06.00 wib dua bocah tadi ternyata benar-benar datang ke rumah dengan memanggil-manggil nama saya, "Pak Shofaaa......", suara yang tak asing lagi saya dengar, saya pun bergegas menuju ruang tamu. Lalu program belajar bersama setiap hari di rumah dimulai.


Satu hari sesudahnya, di waktu yang sama saya tambahkan program khusus buat mereka, bukan hanya belajar dengan mengerjakan PR -PR, tetapi juga menambah wawasan mereka dalam berbahasa asing. Memang saya terobsesi besar membuat MI yang saya tempati seperti sekolah berskala International, yang mana anak-anaknya terbiasa menggunakan bahasa asing dalam keseharian di sekolah, atau setidaknya bahasa Arab dan Inggris yang merupakan bahasa asing di Indonesia bukan lagi merupakan bahasa asing di telinga mereka. Program yang saya ajukan kepada dua bocah itu setiap hari Minggu sampai Selasa adalah HARI INGGRIS dan Rabu sampai hari Jumat adalah HARI ARAB, mereka setuju, merekapun tampak semangat dan antusias menyambut hari-hari berikutnya.


4 komentar: