Selasa, 23 November 2010

10 Makanan Penyembuh

Orang jaman dulu menggunakan hasil bumi sebagai obat-obatan secara langsung yang kalo istilahnya sekarang lebih dikenal dengan obat tradisional, dan bahkan sebagian orang di era sekarang lebih percaya bahwa obat-obat tradisional lebih ampuh daripada obat-obatan yang dijual di apotek atau toko-toko.

Sudah bertahun-tahun para ilmuan ahli gizi "penasaran"dan meneliti untuk mengidentifikasi suatu makanan tertentu. Mulai dari kandungan protein, karbohidrat, kalori, lemak, mineral, dan vitamin untuk menentukan manfaat makanan tersebut buat tubuh kita. Dan salah satu dari hasil penemuannya adalah ampuhnya makanan-makanan berikut untuk kesehatan kita :



1. Madu. Pastinya anda tidak asing dengan yang satu ini, bahkan dalam agama Islam, madu termasuk minuman yang dimuliakan, hingga dalam Al-Quran terdapat surat An-Nahl yang berarti lebah. Ya.. ternyata penelitian menunjukkan bahwa madu mengandung antibakteri dan antivirus. Studi lebih dalam menyebut bahwa madu bermanfaat untuk menyembuhkan luka serta baik untuk pencernaan.


2. Green Tea. Penelitian menunjukkan teh hijau (green tea) membantu mengurangi resiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Selain itu teh hijau juga diyakini dapat membantu mencegah penyakit diabetes tipe dua dan osteoporosis, serta meredakan radang usus.


3. Kenari. Menurut pakar gizi,1.5 ons buah kenari setiap hari bisa menjadi makanan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner.


4. Blueberry. Anda mungkin belum pernah mencobanya secara langsung, termasuk saya, tau buahnya aja juga belum. Sekedar membuka wawasan kita aja, blueberry merupakan salah satu buah dengan tingkat antioksidan yang tinggi. Kandungan zat di dalamnya mampu membantu memperlambat penuaan, mengurangi resiko diabetes, menurunkan kolesterol, meningkatkan keterampilan motorik, serta menunjang kesehatan kemih dan penglihatan.Selain itu, buah ini juga memiliki sifat antiinflamasi.


5. Delima. Sebagai buah antioksidan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa delima membatu mengurangi resiko penyakit jantung, dan menurunkan tekanan darah. Bahkan membantu dalam menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko kanker tertentu.


6. Rempah-rempah. Diantaranya, Jahe memperbaiki kesehatan pencernaan, mengandung antiinflamasi dan mencegah kanker. Kayu Manis membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan gula darah. Kunyit mengandung sifat antiinflamasi yang dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer serta mengurangi resiko penyakit kanker.


7. Yogurt. Yogurt yang paling baik adalah yogurt polos. Kandungan kalsium, magnesium, vitamin B-2, B-12, dan probiotik yang dikenal sebagai bakteri baik dalam usus, bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Konsumsi yogurt secara teratur juga dapat membantu mengurangi kolesterol.


8. Cokelat Hitam. Jenis cokelat yang satu ini baik dan bermanfaat bagi sistem kardiovaskular serta perlindungan dari kanker. Selain itu, konsumsi cokelat hitam juga dapat membangkitkan suasana hati yang baik untuk kesehatan emosional dan mental.


9. Ikan Salmon. Ikan salmon kaya akan omega 3, asam lemak, protein. rendah kalori, rendah lemak jenuh, dan memiliki sifat antiinflamasi. Manfaat ikan salmon yang lain juga dapat mencegah diabetes, Alzheimer, kanker, serta menyehatkan kardiovaskular.


10. Brokoli. Ini dia yang saya suka, brokoli. Brokoli penuh dengan vitamin, seperti asam folat, vitamin A, B6,  dan K. Mineral seperti kalsium seperti kalsium dan kalium membuatnya lebih sehat. Brokoli dianggap sebagai makanan penyembuhan yang diaktifkan oleh phytochemical indole 3 carbinol dan sulforaphane yang membantu melawan kanker.

Sumber : VIVAnews


Perlu dibaca juga :



0 comments:

:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho :najis :nosara :marah :berduka :malu :ngakak :takut :ngacir2 :shakehand2 :bingung :cd :hammer :peluk :toast :hoax :cystg :dp :selamat :thumbup :2thumbup :matabelo :mewek :request :sorry :kr :travel :nohope :ngacir :ultah :cool :bola :hn :games :kbgt: :cd:

Posting Komentar