Rabu, 10 November 2010

Ada Cerita di Tengah Hujan Pasir dan Abu

Pagi itu, abu masih turun begitu derasnya pasca erupsi gunung Merapi tapi ane tetep berangkat kerja seperti biasa. Dengan menggunakan kain lap agak basah yang ane jadiin masker, ane cabut dari kos. Hari itu adalah hari jumat, dimana ane harus muter jogja untuk memborong snack-snack dan rokok untuk kebutuhan user warnet.


Singkat cerita, sewaktu ane berangkat muter jogja, ane jumpai banyak orang nawarin masker. Ane kira masker itu dibagiin gratis, ane mau samperin, ada orang juga yang berhenti minta masker tampak memberikan uang ribuan, berarti gak gratis dong, pantes saja temen ane waktu nyari masker di apotik pada habis, jadi cukong-cukong ini penyebabnya.. ga jadi ahh.. ane langsung cabut lagi. Sewaktu melewati perempatan ringroad godean, ada polisi dan juga mahasiswa nampak sibuk membagi-bagikan masker, nah.. kalo ini sih pasti gratis soalnya hampir semua yang berhenti di lampu merah mendapat masker, ane ikutan minta deh.. ga cuma satu masker ane dapet, dua masker sekaligus ane embat..


Meski udah punya dua masker, ga ane pake, coz menurut ane pake lap is better than masker, lebih rapet, tebel, udah ane basahin juga, jadi kalo misalkan abunya mau masuk hidung perlu melewati beberapa rintangan.. ketebelan kain, kelembaban, lalu baru melewati bulu hidung.. ga mungkin masuk kan??! hehe..

Di tengah perjalanan ane belanja, ane ketemu sama nenek-nenek yang lagi mungutin beton (biji kluwih) sambil membawa sedikit beras tanpa memakai masker. Gila, ditengah hujan abu plus debu beterbangan gini ga pake masker, nekat bener, udah ga mikir kesehatan apa?? Ini nih, dampak dari penjualan masker saat semua orang harus memakainya, yang ga mampu pun jadi mikir-mikir, buat makan aja susah apalagi beli masker, padahal abu vulkanik itu mengandung serbuk kaca yang kalo dihirup bisa merusak paru-paru *katanya sih.. Ane lalu muter balik nyamperin nenek tadi.

"Mbah, kok mboten ndamel masker?" tanya ane

"Nopo, nak??" Simbah ga denger kata-kata ane, mungkin karena ramenya jalan raya, dan mungkin juga karena ane pake lap, lalu ane kasi masker yang ane dapat di perempatan tadi.

"Niki mbah, njenengan damel"

Nenek tadi langsung memakainya, tampak dia nggak make masker bukan karna ga butuh tapi emang kondisi yang memaksanya untuk milih ga pake masker.

"Nak, nyuwun tulung sampean gawakne niki sampe gang mriko" simbah mohon bantuan minta berasnya dibawain. Dari ekspresi dia minta tolong, ane yakin dia sebenernya kesusahan bawa barang-barang bawaan, yaitu tadi, karena kondisi yang mengharuskan dia melakukan itu. Sambil bantu simbah bawa beras, pikiran ane kebayang-bayang banyak pertanyaan "sudah seberapa jauh dia berjalan dengan membawa barang-barang bawaannya?", "Kok ga ada yang bantu ya??", "Mana anaknya??", "apa tiap hari nenek itu harus begini?".. bla.. bla.. bla.. jadi pengen nangis mbah.. *hiks.. ane besok kalo udah tua gimana ya?? Semoga anak-anak ane nanti seneng bantu bapak-ibunya.. dan sampe juga aku dan nenek di gang yang dimaksud.

"Pun, Nak, Mriki mawon, Matur suwun sanget"

"Nggeh Mbah, sami-sami", ane tarik gas, dan pergi..

Seneng nek, ane bisa bantu, meski sepele semoga bisa berarti banyak. :)

(yogyakarta, 5/11/10)




0 comments:

:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho :najis :nosara :marah :berduka :malu :ngakak :takut :ngacir2 :shakehand2 :bingung :cd :hammer :peluk :toast :hoax :cystg :dp :selamat :thumbup :2thumbup :matabelo :mewek :request :sorry :kr :travel :nohope :ngacir :ultah :cool :bola :hn :games :kbgt: :cd:

Posting Komentar