Senin, 10 Oktober 2011

Akhirnya Punya Rumah Sendiri

Setelah beberapa bulan numpang di tempatnya ortu, sekarang udah punya rumah sendiri, alhamdulillah yah..

Tapi sebelumnya mohon maaf, maksud saya ini bukan rumah tempat tinggal saya lho.. tapi rumah usaha jamur saya atau yang biasa disebut kumbung.

Usaha jamur tersebut saya mulai pada bulan april 2011, jadi kalau dihitung-hitung sudah enam bulan usaha ini berjalan dan selama enam bulan itu pula jamur saya "numpang" di rumah jamurnya orang tua, karena dulu ortu juga budidaya jamur namun tidak berjalan lama. Rumah jamur yang tidak dipakai itu lalu saya manfaatkan untuk tempat tumbuhnya jamur.


Rumah jamur yang pertama
 Setelah saya pakai, ternyata disana ada beberapa kendala yang berpengaruh pada pertumbuhan jamur (menurut saya sih.. ), permasalahan yang paling besar yaitu masalah temperatur ruangan yang mana jauh dibawah standar. Akhirnya saya putuskan untuk berhenti memproduksi baglog jamur hingga musim hujan tiba. Namun, setelah dipikir-pikir, sangatlah tidak efektif jika menunggu datangnya hujan, karena saya bahkan siapapun tidak bisa memastikan kapan hujan turun, lalu diputuskanlah untuk segera membuat rumah jamur yang baru, dengan desain akal-akalan yang beda dari rumah jamur pada umumnya, dan juga rumah jamur tersebut didesain mampu menampung jumlah baglog jamur yang lebih banyak.

Rumah jamur yang baru, nah kan panas..

Tanggal 4 Oktober 2011, penggarapan rumah jamur itu pun dianggap selesai, karena hanya bagian-bagian kecil saja yang masih belum di kerjakan namun secara keseluruhan sudah bisa ditempati beberapa baglog jamur.

Test pertama saya cek suhu yang didapat dan saya bandingkan dengan temperatur di kumbung sebelumnya. Pada termometer tampak suhu yang didapat berkurang + 4* C, lumayan.. karena jamur konon dalam kondisi dingin, akan dapat tumbuh dengan baik.

Test ke dua saya masukkan beberapa baglog jamur yang sudah siap tumbuh, dan hasilnya dalam dua-tiga hari alhamdulillah ukurannya pun tampak lebih besar seperti jamur-jamur yang dijual di supermarket.

Ini hasilnya, jamur besarnya hampir seukuran piring


Dari dua dua penampakan tersebut, akhirnya sekarang saya beranikan untuk memulainya lagi tanpa harus menunggu musim hujan. Mohon doanya ya gan.. Semoga lancar, segera sukses, segera menikah, segera naik haji, segera punya merci, segera ke tour ke luar negeri.. hehe.. bercanda gan, target pertama semoga saya punya pemasukan harian yang cukup sebagai langkah awal kesuksesan.. itu dulu deh.. Sekali lagi mohon doa restunya.. aamiin.. 

2 komentar: