Sabtu, 23 Oktober 2010

Berbagai Manfaat Makanan Vegetarian


Banyak orang makan berbagai makanan tampa mengetahui apakah makanan itu baik untuk dikonsumsi atau tidak, namun dengan menyeimbangkan pola makan dengan sayur-mayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan akan membantu metabolisme tubuh kita.
Kenapa harus berpola vegetarian? Berikut ini beberapa kelebihan dan manfaat menjadi vegetarian non hewani :

  1. Lebih hemat, karena umumnya makanan nabati lebih murah dibanding dengan makanan hewani, seperti daging sapi, ayam, dsb.
  2. Menyehatkan dan memperpanjang umur, karena makanan hewani dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga nutrisi dan oksigen terganggu yang akibatnya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh kita.
  3. Makanan hewani biasanya masih terdapat kandungan zat kimia beracun seperti pestisida, karsinogen, merkuri, arsenik, dsb yang tidak bisa hilang dengan cara dibersihkan dengan air maupun dimasak.
  4. Wanita yang akan memasuki masa menopause tidak akan tersiksa karena makanan vegetarian kaya fitoestrogen alami.
  5. Bisa mendapatkan asupan kalsium nabati yang lebih murah dengan mengkonsumsi susu kedelai, tahu, tempe, kacang merah kering, sayuran hijau tua, dsb. Tidak perlu minum susu sapi yang harganya lebih mahal hanya untuk mendapatkan kalsium.
  6. Makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan mudah dicerna oleh sistem pencernaan seta tidak mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada peredaran darah, jadi lebih menyehatkan dibanding makanan tinggi protein hewani yang menyebabkan berbagai penyakit.
  7. Makanan nabati membantu proses penyembuhan penyakit kronis dan berbahaya seperti kanker dan jantung. Selain itu kita dapat terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, kanker usus, dsb.
  8. Bagi yang memiliki berat badan lebih, diet vegetarian bisa mengurangi berat badan tanpa rasa lapar dengan nilai kalori yang sama dengan makanan hewani.
Nah, tak ada salahnya kita mencoba aneka menu masakan vegetarian, seperti gado-gado, lotek, pecel dsb yang dijamin memuaskan selera kuliner anda dan yang lebih penting bermanfaat bagi kesehatan anda.

Sumber : Sejoli
Gambar : ipoenkcatering

Perlu dibaca juga :

0 comments:

:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho :najis :nosara :marah :berduka :malu :ngakak :takut :ngacir2 :shakehand2 :bingung :cd :hammer :peluk :toast :hoax :cystg :dp :selamat :thumbup :2thumbup :matabelo :mewek :request :sorry :kr :travel :nohope :ngacir :ultah :cool :bola :hn :games :kbgt: :cd:

Posting Komentar