Senin, 17 Oktober 2011

Ngenet Gratis dengan Wajanbolic

mungkin, bakal banyak wajan diatas rumah.. wkwk
Ah.. sudah hampir satu bulan ini bisa ngutak ngutik blog lagi, tanpa pake embel-embel rupiah lagi alias GRATIS.. haha.. sesuatu banget yah.. semua berkat si........         WAJAN AJAIB..

Awal mulanya cerita begini, dua bulan yang lalu dalam acara Reuni Keluarga Besar saya kebagian tugas untuk membuat sekaligus mengelola sebuah blog, padahal waktu itu saya tidak punya koneksi internet, ga papa lah itung-itung buat keluarga sendiri ngeblognya lewat warnet saja.

Setelah tiga kali ngenet ngeblog plus aktifitas internet lain total hampir mencapai 30 ribu rupiah. Berarti dalam tiap ngenetnya sudah ketebak tuh kira-kira habis berapa.. yah.. kurang lebih 10 ribuan lah.. hehe.. bukan karena warnetnya masang tarip mahal, tapi memang saya nya saja yang susah berhenti kalau sudah online, perasaan dulu sewaktu masih kerja di warnet juga ga kaya gini, mungkin bicos karena lama ga ngenet kali ya. Kalo dulu ngenet kaya sudah menjadi makanan sehari-hari, lha di rumah sangat jarang sekali ngenet. Kembali ke topik, kalo sudah begini ngenet 10 kali bisa keluar 100 ribu dong!! banyak amat.. mulai deh berpikir untuk membeli modem.


"Modem?? ah.. apa nggak ada solusi lain.. modem kan rata-rata kecepatannya kaya siput, belum lagi kalo sudah siputnya patah hati.. leletnyaaa.. pake bayar tiap bulan lagi.."

Waktu berjalan, suasana di kantor seperti biasa, guru-guru pada ngobrol dan khusus yang punya laptop selain ngobrol juga tangannya aktif clik sana sini donlud file di internet karena sekolah memiliki fasilitas wifi untuk para guru. Selain fasilitas dari sekolah, di samping sekolah ada pemancingan yang juga menyediakan free hotspot access yang sinyalnya nyampe sekolah. Jadilah setiap kali istirahat laptop guru pada terbuka, ada yang suka pengajian-pengajian, donlud materi materi pelajaran, ada juga yang ngedonlud lagu-lagu koplo jawa.. katanya sih mumpung masih bisa donlud kalo dirumah kan tidak bisa. aha.. ada benarnya juga. Melihat mereka yang pada nenteng laptop atau notebook selalu saja teringat tugas blog itu dan berpikir, "andai saja aku punya laptop, kan bisa sambil utak utik blog... ". Tiba-tiba saja ingat teman dulu pernah ngomong tentang wajan yang bisa buat nangkap sinyal wifi.

Dari sinilah semua dimulai, saya cari cara pembuatan internet dengan wajan, dan ternyata alat itu bernama WAJANBOLIC. Artikel-artikel sudah didapat. Jarak yang dibutuhkan untuk akses setidaknya 1 km. dan kayaknya bahan-bahan yang dibutuhkan sederhana jadi apa salahnya untuk dicoba, toh itu barang yang bisa dilihat mata jadi kemungkinan bisa dipelajari.

Keesokan harinya, Ibu saya ajak untuk hunting wajan karena beliau lebih tau dimana tempat jual wajan yang bagus, setelah barang dapat saya cari juga bahan-bahan yang diperlukan lainnya.

Dengan hanya bermodalkan wajan, pipa, bambu, dan kabel + Wifi USB pinjaman first trial dimulai. Saya arahkan wajan tadi ke arah sekolahan yang jaraknya kurang lebih 500 m. Hasilnya ga ada tanda-tanda sinyal wifi di komputer tuh, berarti masih ada yang salah. TRIAL FAILED

Berhari-hari setelah trial pertama gagal, wajan tetep nggantung di tembok, maksud saya sih sambil jalan saya ngumpulin informasi mikir-mikir apanya yang salah, lah wajan sudah mau di tambal sama Abah, "sayang kalau akhirnya ga di pake".. alamaak.. bukan ga dipake, Bah.. tapi emang belum dipake..

Setelah info-info dari berbagai sumber saya pelajari, kesalahan ternyata ada di bagian alumunium foilnya, iya lah.. harunya yang dipakai itu alumunium sedangkan saya pakainya kertas bungkus kado yang warnanya mirip alumunium, ya kapan bisa connect nya dodooool.... Begitu kertas kado saya ganti dengan alumunium foil, akhirnya ngenet GRATIS pun SUKSEEEEEEEEEEEEESS.....

3 komentar:

  1. wihh jd pengen jg nih. walaupun sedikit perjuangan krn harus hunting wajan :ngacir2
    tapi wortied banget deh keknya. dapt tutorialnya di web mana aja tuh gan... biasanya khan suka ada artikel copas yg tidak bisa di pertanggungjawabkan hasilnya.

    BalasHapus
  2. @Armynd : ho'oh gan.. bener banget.. artikel biasanya ga kumplet, mesti ada aja yang janggal, akhirnya.. kurangnya ya cari2 juga.. itu juga ane ga inget referensinya dari mana.. hihi..

    BalasHapus